Rabu, 03 Oktober 2012

MEMAHAMI PROSES CHARGER PADA HP CINA


    Sering kita menemukan beberapa masalah pada HP china, khusus pada masalah pengecasan, misalnya Not charging, pengisian jelek maupun masalah pengecasan yg lain. Biasanya ini diakibatkan oleh IC Power yg bermasalah atau MOSFET Transistor (IC Charging) yg jelek. Nah dalam hal ini sebenarnya kita masih bisa menganalisanya, diawali dr skemah sampai pada masalah solusinya.
 Ini sekedar resume dr berbagai sumber dan pengalaman, kemungkinan ini bisa menjadi koleksi bagi yg masih memnutuhkan, mudah2 han bisa dijadikan panduan untuk kita
 didalam menganalisa kerusakan pengecasan.
 Memahami system kerja Charging pd ponsel china adalah sbg berikut:
 Diambil contoh adalah dgn IC Power MT6318, CPU MTK6225/6/7
 Keterangan :
    1-U400 adalah PMIC (Power Management IC) = IC Power
    Perhatikan Gambar U400 = PMIC (Power Mangement IC) atau IC Power ini



System Kerja




2-U401 adalah IC Charging (Didalamnya berisi Rangkaian Transitor PNP & 1 Dioda Zener)
U401 = memiliki 8 Kaki pin.




Keterangan :
ü  Kaki 1 & 2 : Adalah Kaki A =AIT (Anoda Internal Transistor) didalam U401
ü  Kaki 3 : Adalah kaki S = SVC = Signal masuk berupa VCharger, Arus diterima oleh Collector Transistor PNP Internal
ü  Kaki 4 : Adalah Kaki G = GDRAV =Gate Driver Analog Voltage dari PMIC, ditangkap oleh Basis Transistor PNP Internal dlm IC Charging tsb.
ü  Kaki 5 & 6 : Adalah kaki D = Diode. Adalah keluaran dari kaki Emitor Transistor PNP Internal dlm IC, yg akan menuju kaki Dioda kutub Anoda.
ü  Kaki 7 : terhubung ke VBatt juga ke PMIC sbg Sensor Arus Charging
ü  Kaki 8 : terhubung ke R417 yg menuju Batt. (Output IC Charging U401 ini)

System kerja Charging Transistor :

§  VCharger 5V (USB) masuk ke kaki 3 (Kaki S= Signal/Collector MOSFETT Internal)
§  Kaki 1 kondisi standby, menunggu Enable pd Kaki 4 (Kaki G = Kaki Gate Driver/Gerbang Basis MOSFETT, yg dtg dr Power IC kaki E2 (GDRVAC = Gate Drive Voltage Analog Charger)
§  Setelah Enable 2,4V dari IC Power keluar, karena PMIC juga mendapat VChg di kaki E1.
§  Maka MOSFETT Internal mengeluarkan teg. Charger 4V ke kaki 5&6 (Emitor MOSFETT PNP = Kaki D/Diode)
§  Selanjutnya kaki 5&6 terhubung langsung ke 1&2 (Kaki Anoda Dioda Zener Internal) Gunanya utk disearahkan teg. yg td diturunkan.
§  Selanjutnya teg. tersebut melewati Dioda Zener dlm IC Charging tsb. Tujuannya menyearahkan arus dan menuju kaki 7&8 yg terhubung ke Batt. (Kaki C = Cathode)
§  Melewati Resistor R417 dahulu sbg Current Sensor (R berhambatan kecil) sebagai penyaring arus, barulah menuju Battere.
§  Kaki 7 td masuk ke PMIC sbg Sensor arus pengisian yg dideteksi oleh PMIC, apabila bermasalah maka muncul pengisian jelek.
NB :
ü  1-Perhatikan juga Capasitor2 bermasalah pd jalur tsb.
ü  2-Untuk Pengisian Jelek, Perhatikan juga Charger, analisanya dapat dilakukan dengan cara dibawah ini
Caslah hp via PC/kompi tanpa kepala carger, apakah proses pengecasannya normal atau tidak, jika normal, coba ukur tanpa baterai, berapa tegangan output nyA
Kemudian bandingkan dengan pengecasan yg dilakukan dgn carger secara normal, tanpa PC dan ukur tegangan ouput nya, berapa.   Jika ternyata dengan PC proses pengecasan normal sedangkan tanpa melalui PC, proses pengecasan tetap jelek berarti bisa di duga yg bermasalah adalah carger       Namun jika melalui PC proses pengecasan tetap juga jelek, berarti diduga yg bermasalah adalah PMIC atau IC carghing, atau komponen yg berada pada jalur tersebut.

ü  3- Untuk “Not carghing” karena jalur sdh terangkat, lakukan penjumperan, misalnya untuk type USB kaki 5, lakukan jumper seperti dibawah ini :







Untuk contoh yang lain......misalnya T87, bisa dianalisa seperti gambar dibawah ini :



2 komentar:

  1. Mantep banget artikelnya...trimakasih..saya sudah mendapatkan ilmunya mudah mudahan bpk mendapatkan rezki yang berlimpah dari Allah SWT Amin...

    BalasHapus